satu semester ga lama ya…..

Dah nambah lagi satu semester aku ngabisin hidupku di Jurangmangu, diantara gedung-gedung pencakar langit (^_^) di kompleks Pondok Aren ini. Gedung F jadi teman setia dalam mengarungi perjalanan 5 bulan ke belakang ini. Gedung dengan kualitas yang sangat “mencukupi” untuk perkuliahan anak D4, yang sekedar colokan buat masang LCD ama ngecharge Laptop aja kadang2 masih ribet nyari kesana kemari. Jangan nanya tentang lampu kelas, meja, kursi, papan tulis dll. AC hampir jadi tak lebih dari kotoran yang nempel di dinding (ga bisa dianggep hiasan sih), AC yang mo nyala apa mati kayakna ga ada bedanya. Proteskah kita??? Ga lah. Namanya juga sekolah gratisan, yo wis tho teko nrimo ing pandum wae.

Here is my journey


2 Desember 2006

Dapet surat izin tugas belajar

Dimulai dengan prosesi pencarian surat izin tugas belajar yang agak ribet juga. Setelah ngider kesana kemari nanya kesana kemari tentang kejelasan nasib L. Tau ga si, surat dari STAN tentang aku ama nisak kayakna pernah nyasar ke BPKP, karena pas pengumuman penerimaan D4 aku ama Nisak dianggep anak BPKP (plis deh). Sempat dipingpong (kayak bola aja) pas nyari kejelasan di STAN, akhirnya kita dapet juga tu surat. Thanks buwat david (anak akunt 2006 penempatan sekre D4) yang telah mbantuin kita ngurus tu surat. Ga da tu surat kita ga bisa ngurus surat izin buwat tugas belajarnya. Akhirnya bapak Sjafrudin Mosii berkenan membubuhkan tanda tangannya di selembar kertas dengan nomor surat No.68/SIB/VIII.1/12/2006

7 Desember 2006

Agenda hari ini daftar ulang. Setelah melalui berbagai pertimbangan sana-sini, nanya sana-sini, mikir disana dan disini, mengingat sana-sini akhirnya memutuskan (kalo ini ga sana-sini) buwat daftar ulang juga (sebelumna sempat ragu juga, padahal dah dapet surat izin). Setelah izin atasan (ama Pak La Ode, bu Ivonne-nya lagi keluar) pergilah dengan menyusuri jalanan besi sepanjang Palmerah ampe Pondok Ranji. Nyampe STAN nanggung dhuhur, ya udah ditunggu ampe abis dhuhur. Abis itu masuk gedung P lagi setelah beberapa bulan ga masuk ke gedung P dalam jam kerja. Kirain ribet, ternyata sepele euy. Tinggal isi formulir, tanda tangan surat perjanjian (lagi) selesai sudah semuanya. Di bawah (gd P) ada pembayaran iuran BEM, 500rb berapa gitu, enak aja, TK sebulan ampir abis buwat bayar iuran ga jelas itu, jadi ya ampe sekarang ga bayar2. Abis daftar ulang kembali menyusuri jalanan besi tersebut dengan kereta besi juga (rajin banget ya……) padahal nyampe kantor pas itu dah hampir Ashar. Oh iya aku dapet nomer daftar ulang No. 70/AK/2006

2 Januari 2007

Perjanjian tugas belajar

Sudah cukupkah dengan sekedar surat izin tugas belajar?? Belom neh. masih ditambah dengan proses pembuatan surat perjanjian. Biasa si sebenarnya, disitu disebutin hak ama kewajiban kita, hak ama kewajiban BPK, masa tambahan ikatan dinas, tapi ada satu hal yang paling ngeberatin, kita harus ngembaliin duit kalo DO T_T)… sedihnya, angkatan sebelumna ga ada, baru angkatan kita aja ada kayak gituan. Tapi terlepas dari itu semua thanks to mbak (siapa ya) pokokna orang kepegawaian yang telah membantu kita disaat dia sendiri sedang ribet juga ngurusin pendaftaran pegawai baru.

Oh iya sebelumnya proses perjanjian ribet juga neh, banyak salah ketik ama ada hal-hal tertentu yang kayakna ga bisa dilaksanain. Akhirnya setelah sedikit nego sana-sini, edit sana-sini, termasuk diedit ama bapak sapa gitu (kayakna salah satu kabag di kepegawaian) jadilah perjanjian itu kita tandatangani bersama bapak Mosii (lagi…), trus surat perjanjian itu bernomer No. 04/SP/VIII.1/1/2007.

Sebenarnya semenjak tanggal 2 januari 2007 udah ga perlu masuk kantor lagi, di surat izin tugas belajar tertulis dari tanggal 2 januari 2007 ampe 2 januari 2009. Tapi binun di kost mo paen, masak mau ngikut Dinamika (plis dah). Iuran aja ga bayar masak mau ngikut dinamika. Apalagi pas itu masih ada kerjaan di panitia buat HUT BPK. Ya sebelumnya sempat ikut upacara peringatan HUT BPK (BPK neh paling seneng ama yang namanya upacara, orang hari ibu aja ada upacaranya kok)

9 Januari 2007

Acara puncak ulang tahun BPK. Acaranya di JCC. Rame banget. Banyak yang dateng. Menteri, gubernur, bupati, ama orang-orang yang kayakna penting (apa sok penting??). slain itu dateng juga perwakilan BPK dari Negara laen (Supreme Audit Institutions) ama ga lupa ketemu ama SBY juga ni. Pas acara inilah aku tambah ngeliat makin ga beresnya hal yang namanya birokrasi di Indonesia (terutama di daerah-daerah). Oh iya Gorontalo mendapatkan penghargaan administrasi keuangan daerah terbaik di Indonesia.

Acara ultah BPK, apa penghambur-hamburan anggaran ya, kayakna mewah banget, honor panitianya aje gedhe, masalah makanan bener2 terjamin, cuman ya itu, nglemburnya bikin ga nahan, ampe banyak yang sakit tuh. Tapi akhirnya selese juga, kayakna si lumayan sukses, oh iya diselamati ama opa Anwar juga, sempat foto bareng lagi (ga penting si)…

12 Januari 2007

Hari terakhir magang sebelum kuliah… sempat pamitan sana-sini, tapi ga sempat pamitan secara langsung ama bu Ivonne. Beliaunya dah pulang pas aku mau pamitan, ya udah lewat telpon, eh ga diangkat, akhirnya bu Ivonne yang balik telpon, ya udah aku pamitan sekalian.

15 Januari 2007

Hari pertama kul D4.

What a silly day! Pelajaran pertama di hari pertama kuliah d4 pertama bolos abis. Ga dateng. Ya bukan sepenuhnya salah kita juga. Orang jadwal baru diganti pas hari jumat. Ampe hari kamis, jadwal hari senin kita ada kuliah jam setengah sebelas, ternyata hari Jumat diralat, kita hari senin kuliah jam 8. Lhah padahal aku masih tidur dengan nyantainya. Yo wis lah, sukses mbolos pertama. Untungnya (kok untung orang ga pake modal) banyak temennya, terutama mereka-mereka yang dapet informasi dari aku J (Andi, obet, ama aris) sama-sama ga masuk pas kul pertama. Tengsin juga si, tapi ya mau gimana lagi. Oh iya pertama kuliah ngrasain banget kalo kita beda banget. Sempat agak canggung gitu buat mau gabung ama yang lain. Tapi ternyata prasangka kita salah. Temen-temen sekelas yang notabene kebanyakan angkatan 2004 keatas ternyata welcome banget ama kita-kita. So kita juga ga ngeras canggung lagi buat gabung ama mereka-mereka.

Pak Enoch, Bu Retno, Bu Agni, Mr Andi, Pak Akmal, Pak Sofwan yang kemudian digantiin ama Pak Indra, dosen-dosen semester yang penuh dengan keanehan. Teman-teman sekelas dari berbagai generasi dari mas pius, mas yusak, mas Chandra, ampe si kecil yang kayakna belom lulus dari playgroup, si aris, ternyata sama-sama ga beresnya. Ya ada si yang beres, tapi paling cuman bebrapa doing. Yang lain ternyata juga sama aja. Orang-orang yang tadinya tak pikir serius ternyata sama aja gilanya kalo dah kenal.

Pelajarannya aneh-aneh. Hampir semuanya berhubungan dengan manajemen, jadi bingung, kita D4 manajemen apa D4 akuntansi ya…. Ga ada pelajaran yang ga ada kelompoknya. Jadi kita bisa berkelompok dengan hampir semua teman sekelas juga… enak si, bisa bekerjasama dengan banyak orang, bisa mengenal lebih jauh. Jadi lebih ngerti tentang sifat masing-masing dari mereka. Jadi bisa liat mana yang care ama tugas-tugas, mana yang asal anut grubyug, jadi bisa tau juga mana yang saking care-nya ampe terkesan terlalu perfeksionis…. Tapi enak juga kok, membuat kita jadi harus pintar-pintar menempatkan diri ketika menghadapi orang dengan tipe yang begitu berbeda tersebut….

Yang jelas akhirnya semester pembuka di kuliah D4 tersebut dah selesai. Ngomongin IP ya tetep Alhamdulillah masih tetep 3 koma Alhamdulillah. Kalo ngebandingin input (belajarku) ama output (IP) ya tetep bener-bener bersyukur….

Pokoknya semester ini dah lewat, sekarang dah semester 8, ga krasa juga kalo dah mo UTS semester 8. Padahal masih ada matakuliah yang baru sekali pertemuan J…. Mabok kita buat mbayar pertemuan-pertemuan yang masih kurang dari kuorum. Malesin juga si, minggu terakhir sebelum ujian bakalan nombok-nombok buat kuliah.

Tapi itulah STAN……