Aku yakin dan percaya, kita (aku dan kalian) pasti pernah membaca or at least mendengar cerita tentang beberapa orang buta yang mencoba untuk mencari tahu tentang gajah. Mereka bersama-sama pergi ke kebu binatang, dan kemudian masing-masing diberi kesempatan untuk memegang gajah tersebut lalu memberikan gambaran seperti apa gajah dalam pikiran mereka. Dari berbagai versi cerita yang aku dengar, hampir semuanya sama, yaitu tiap-tiap orang buta tersebut memiliki gambaran yang sangat berbeda antara satu dan yang lainnya. Jika saja perbedaan tersebut diangaap biasa maka persoalan bisa selesai, yang jadi masalah adalah ketika tiap-tiap orang ngotot or ngeyel mempertahankan pendapatnya dan saling mengklaim bahwa pendapat mereka adalah yang paling benar.
Wuiih, Capee de kalo gitu……

Menurutku alangkah sangat menyedihkannya ketika tiap-tiap orang saling ngotot berkata bahwa meraka lah yang benar, yang ga sama dengan mereka adalah salah, bidah, ga bener or whatever. Apalagi kalau seperti kisah orang buta tersebut. Akan tambah menyedihkan karena sebenarnya mereka juga ga tau mana yang benar. Menurutku lagi itulah yang banyak terjadi sekarang ini. ketika orang-orang yang katanya pinter, intelek, berpendidikan, saling mengungkapkan pendapatnya tentunya dengan tidak lupa menyalahkan pendapat orang lain dengan nyaring berkata “ini lho punyaku yang paling benar”. Kasian dah aku ngliat  yang kayak gitu.
Change Your Point of View, ubahlah sudut pandangmu, cobalah melihat dari sisi yang lain. Kalo selama iin kita selalu melihat dengan sudut pandang kita yang benar, coba sekali-kali lihat dengan sudut pandang kalo kita yang salah. Kalo selama ini kita melihat dari depan coba pula kita melihat dari belakang. Kalo selama ini kita mengutamakan pandangan kita, cobalah kita bayangkan seandainya kita jadi dia, mereka, fulan atau siapapun yang kita anggap salah.
Aku cuma ingat salah satu pesan dari Babeku, “Manusia itu boleh saja menganggap dirinya benar, tapi selalu ingat bahwa kebenaran manusia sifatnya semu, kebenaran sejati hanya milik-Nya, jadi jangan pernah menganggap dirimu yang paling benar”
Babeku bukan orang yang berilmu tinggi dalam arti beliau tidak mempunyai gelar Ph.D dari Harvard University atau gelar Lc. dari LIPIA, tapi beliau adalah orang yang sangat hebat dimataku. Salah satunya adalh karena dari beliau juga aku mencoba untuk lebih memperluas sudut pandangku. Jadi Jangan Ragu dan Jangan Tunggu Ubahlah Sudut Pandangmu Change Your Point of View

Advertisements